Bagaimana cara mengembangkan pola pikir positif dalam berbisnis ?


Bagaimana Cara Mengembangkan Pola Pikir Positif Dalam Berbisnis ? - Disetiap hal masuk akan yang kita lakukan sehari-hari, harus selalu dibarengi dengan rasa dan pemikiran yang positif atau rasional pula, begitu juga hal nya dalam dunia bisnis. Setiap pemikiran dan perilaku yang positif, pasti akan menghasilkan hal yang positif pula. Misalnya berpikiran positif dalam menghadapi masalah dan kendala-kendala yang terjadi dalam sebuah perusahaan atau organisasi.

Bagaimana cara mengembangkan pola pikir positif dalam berbisnis ?


Mengoptimalkan pemikiran positif dalam menjalankan sebuah bisnis adalah hal yang sulit untuk dilakukan. Tidak heran lagi jika suatu pemikiran yang negatif akan mendatangkan kekacauan pada diri anda dalam menghadapi suatu persoalan yang terjadi, baik itu permasalahan pribadi maupun dalam organisasi atau perusahaan.

Berikut ini, saya akan mencoba merangkum beberapa cara untuk mengembangkan pola pikir positif dalam berbisnis.

1.  Jangan biasakan untuk mengeluh

Mengeluh tidak akan pernah menyelesaikan sebuah masalah. Biasakanlah untuk selalu bersyukur. Karena bersyukur merupakan salah satu cara untuk membangun rasa dan pikiran positif dalam diri anda. Berpikir dan merasa lah kalau anda selalu diberkahi oleh Tuhan, maka akan dengan mudah untuk membentuk pikiran yang positif dari dalam diri anda.

2.  Masih banyak yang tidak seberuntung kita

Salah satu dampak positif yang akan anda dapatkan dari rasa bersyukur adalah, anda akan mulai menyadari bahwa masih banyak orang-orang disekeliling anda yang tidak bisa seberuntung anda. Dengan mengetengahkan pemikiran seperti ini, anda akan senantiasa untuk selalu bersyukur dan tetap berpikiran positif dengan apa yang sedang anda hadapi sekarang.

3.   Kembangkan kembali sikap optimis kita

Mengingat bahwa berbisnis erat kaitannya dengan keberanian memutuskan sesuatu, mengambil risiko, keberanian untuk memberikan hal yang berbeda dari hal-hal yang ada pada umumnya, maka sikap optimis harus selalu senantiasa untuk dikembangkan dalam diri anda.

Yakinlah bahwa anda akan bisa mewujudkan Planning yang telah dibuat sebelumnya. Dalam menjalankan langkah-langkah dan strategi bisnis, anda harus selalu yakin bahwa anda bisa menjadi yang terbaik dan lebih baik lagi dari sebelumnya. Sikap optimis akan mengantarkan anda kepada pemikiran yang positif, sehingga bukan tidak mungkin hal tersebut akan membawa kemudahan pada diri anda dalam menjalan roda bisnis tersebut.

4.  Pemikiran negatif mulai membayang ? Usir sejauh mungkin secepatnya !

Pemikiran negatif yang muncul itu wajar, biasanya diakibatkan oleh reaksi pikiran terhadap sesuatu yang terjadi dalam kerajaan bisnis anda, terutama suatu kejadian yang tidak dinginkan. Namun yang terpenting adalah, bagaimana caranya agar pemikiran negatif tersebut tidak bersarang dalam benak anda.

Bila pikiran negatif menghampiri, sesegera mungkin cobalah untuk mengusir dan mengantisipasinya secepat mungkin. Lakukanlah sesuatu yang bisa membuat pikiran anda tenang dan rileks, supaya rasa semangat dan optimis kembali timbul untuk menghadapi segala persoalan yang sedang terjadi.

5.  Konsultasi pada ahli yang satu bidang dengan bisnis kita

Masalah yang terjadi dan akan diselesaikan dalam dunia bisnis itu memang tergolong berat, karena akan sangat sulit untuk mengidentifikasi kendala apa saja yang tengah terjadi didalamnya. Pada keadaan seperti inilah sebagai waktu yang tepat utnuk memulai berkonsultasi atau meminta saran serta nasihat kepada orang maupun organisasi yang satu jalan dan satu bidang dengan bisnis yang sedang anda tekuni.

Coblah untuk berbagi pikiran dalam memecahkan masalah secara bersama-sama, menceritakan peristiwa yang sedang terjadi dan mencari jalan keluarnya, setidaknya akan dapat membantu meringankan beban pikiran. Selain itu, anda pun akan mendapat suntikan semangat baru dari orang tersebut untuk untuk selalu optimis dan berpikiran positif dalam menjalankan bisnis anda.


Bagikan :  

47 comments:

  1. Saya pernah membaca buku yang ditulis Erbe Santanu, berpikir positif dapat mempengaruhi aura lingkungan disekitar kita menjadi positif juga dan keberhasilan seseorang. Demikian pula sebaliknya. Setelah dipikir-pikir, ada baiknya untuk selalu positive thinking toh nda ada salahnya juga ya sob.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pastinya mas, berpikir positif terhadap sesuatu yang layak dibilang positif, itu sangat dianjurkan untuk dijunjung tinggi, dimanapun kita berada. :)

      Delete
    2. termasuk dalam dunia blogging kan mas

      Delete
    3. setuju, positif thinking membuat kita bisa berkarya lebih baik dan tentunya menghasilkan bisnis yang makin baik pula

      Delete
  2. Berfikir positif ?? kalau dari awalnya selalu berfikir positif pasti kedepannya juga akan selalu positif :)
    Tapi, kalau dari awalnya selalu berfikir negatif, pasti kedepannya juga akan negatif :)

    Jadi, apa salahnya bila selalu mencoba untuk berfikir positif pada kehidupan kita, toh nantinya bakalan ada hasilnya juga kok :) |o| :-bd ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul gan, segala sesuatu itu harus diawali dengan hal dan pikiran yang positif, agar hasilnya nanti bisa kita nikmati, seperti yang kita inginkan.

      Delete
    2. nah ini saya juga lg menikmati kopi

      Delete
  3. Artikel ini memberikan wawasan terbaru buat saya, wacana pembahasan ini sangat bermanfaat. Terimakasih

    ReplyDelete
  4. Sangat bermanfaat, erutama bagi para blogger pemula!

    ReplyDelete
  5. perlu dorongan/semangat dari orang-orang sekitar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sangat dianjurkan sekali mbak, terutama yang satu bidang dengan kita.

      Delete
  6. Terimakasih informasinya :)
    sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  7. nomer 1 , jangan biasakan mengeluh, kaya nya sulit buat saya, soalnya emang sulit menghilangkan sifat mengeluh :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang sulit mbak, tapi tidak ada yang tidak mungkin,
      tergantung bagaimana diri kita sendiri untuk menanggapinya.

      Delete
    2. wkwkwkk, iya ibu2 banyak ngeluhnya soalnya banyak beban nya :D

      Delete
  8. Yang paling sulit berpikir positif menghadapi kegagalan aktrena terkadang membuat mental langsung down padahal kegagalan justru menjadi pelajaran berharga untuk bisnis selanjutnya.Makasih pencerahannya mas

    ReplyDelete
  9. nice share gan , bagus artikelnya

    Toko Online Penyedia Berbagai Macam Produk Berkualitas
    https://www.rifana.co.id

    ReplyDelete
  10. kadang saya selalu berfikiran negatif ketika partner bisnis saya mulai tidak konsisten dengan janji awal,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih baik dinasehati dan diberi sedikit masukan mas..

      Delete
    2. saya biarkan,kalau memang rejeki gak bakal kemana :D

      Delete
    3. iya juga sih mas, tapi juga harus berusaha, in syaa Allah berlipat ganda..

      Delete
  11. nah ini juga point yang keren sob!, kadang2 kita belum apa2 dalam memulai bisnis sudah berfikir buruk mulu yah! akhirnya ga jalan2 deh bisnisnya, sip inside yang asik nih .. siap ((:

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas, itulah makanya pemiiran positif itu emang selalu harus diedepankan..

      makasih mas..

      Delete
  12. saya setuju tuh mas dengan cara mengembangkan pola fikir.
    intinya mesti bisa berfikir positif dan tidak gampang menyerah ya

    ReplyDelete
  13. Terus mencoba walaupun banyak kegagalan,, ini termasuk positif juga kan mas??

    ReplyDelete
  14. positif thinking aja ya mas, jangan banyak mengeluh, jadikan kegagalan sebagai awal dari keberhasilan kita yang tertunda :)

    ReplyDelete
  15. Konsisten dalam mengembangkan pola pikir positif dalam menjalankan bisnis, seringkali sulit dilakukan mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang sulit mas, tapi tergantung niat dan kesungguhan kita juga..

      Delete
  16. lima poin penting demi terbangunnya bisnis yang maju dengan mengembangkan pola pikir positif

    ReplyDelete
  17. kalau dipirir2, kata mengeluh selalu saya dengar tu mas, namun benar kata mas, kalau mau sukses dalam berbisnis, maka seharusnya perjuangan yang lahir, bukan kata mengeluh ya :D

    ReplyDelete

►Silahkan perluas artikel diatas ke teman-teman anda,
►Disini anda juga bisa menyampaikan kritik, saran, keluhan maupun pujian terhadap artikel diatas,
►Diperbolehkan meng-copy artikel ini sampai batas kewajaran, dengan Ketentuan mencantumkan sumber referensi dari blog Hakikat Bisnis.

Terima kasih
Ttd; Admin Blog

☺ Silahkan Berkomentar ☺