Kebiasaan para Pebisnis Online yang membawa kesuksesan

kebiasaan para pebisnis online yang membawa kesuksesan - Mengembangkan bisnis online shop memang bukanlah perkara yang sulit, asal anda sudah memiliki kunci berbisnis online nya terlebih dahulu. Banyak sekali metode yang bisa dilakukan untuk mengembangkan dan meningkatkan bisnis online yang anda geluti. Dalam lika-liku perjalanan dan pengembangannya, banyak sekali orang yang bisa berhasil hingga puncak kejayaan, tapi tidak sedikit juga yang berhenti di tengah jalan, bahkan di awal perjalanan.


Kebiasaan para Pebisnis Online yang membawa kesuksesan


Kita tidak bisa menilai seorang pebisnis dari bisnis yang ia geluti saja. Misalnya bisnis nya berjalan lancar dan sukses, tidak ada yang tahu juga apakah pebisnis nya terbelit hutang sana-sini. Inilah yang banyak dilakukan para pebisnis seperti yang kita lihat sekarang. Oleh karena itu, ciptakan kebiasaan-kebiasaan yang memungkinkan untuk dapat meningkatkan nilai bisnis yang sedang anda geluti, terutama dalam bisnis online shop.

Kesuksesan seorang pebisnis sangat dipengaruhi oleh kebiasaan-kebiasaan dan rutinitasnya sehari-hari. Berikut ini, Hakikat Bisnis akan mencoba menjabarkan beberapa kebiasaan yang membuat para pebisnis online itu jadi sukses.

1.Jangan takut melakukan hal yang sulit. Hadapi !!

Ini termasuk pada sifat alami manusia, dimana selain tidak pernah puas terhadap apapun yang telah diraih, manusia sering kali langsung berhenti untuk menaklukkan suatu masalah yang lebih besar, setelah dia menyelesaikan masalahnya yang kecil.  Semua orang juga tahu, bahwa tidak ada manusia yang ingin gagal di dunia ini, tapi bagi pebisnis yang punya mental dan semangat yang membara, kegagalan adalah motivasi dan suntikan semangat untuk berenovasi.

Dalam bisnis online shop, jangan memaksakan diri dulu untuk melakukannya, karena peluang anda untuk gagal akan semakin besar. Lebih baik perhatikan kemampuan diri terlebih dahulu, lakukan koreksi yang dalam, tanyakan diri anda apakah sudah siap atau belum untuk memulai sebuah inovasi besar ?

2. Pernah gagal dalam bisnis online sebelumnya ? Renungkan !!

Hanya orang yang lemah dan tidak punya jati diri yang menganggap kalau kegagalan adalah hal yang menakutkan dan bukan untuk dihadapi. Kalau seperti ini, bagaimana anda akan memulai langkah baru ? Koreksi diri, lihat poin-poin kesalahan yang membuat anda gagal sebelumnya, belajar banyak dari kegagalan tersebut dan ambil hikmahnya.

Terkadang, kegagalan yang dihadapi tidak hanya berasal dari diri kita sendiri, tapi juga bisa dari berbagai faktor seperti rekan kerja, karyawan dan unsur orang lain yang lainnya. Pebisnis sukses tidak pernah mengeluh dengan kegagalan yang mereka alami, melainkan menjadikannya sebagai batu loncatan untuk bisa melompat lebih tinggi ke arah yang jauh lebih baik.

3. Jika produk online yang dipasarkan dikritik orang, Dengarkan !!

Kritikan juga merupakan hal yang penting untuk menuai sebuah kesuksesan dalam bisnis online. Akan ada masa nya disaat produk online milik anda memasuki pasar internet, lalu ada pihak yang memberi kritik terhadap produk anda dengan berbagai macam alasan. Pada kasus ini, banyak pebisnis online yang akan merasa tersinggung atau tidak terima atas kritikan tersebut. Itu mungkin akan terasa wajar karena usaha yang super membahana untuk membangunnya, taunya malah dikritik.

Sebenarnya ini adalah kesalahan sepele yang berakibat besar. Apa ruginya untuk mendengarkan secuil kritikan para penimat produk kita ? mereka member kritik bukan juga berarti menjatuhkan, malahan memberi anda kesempatan untuk memperbaiki kesalahan tersebut sebelum orang lain juga mengkritik hal yang sama terhadap produk anda.

4. Sebelum atau saat memasarkan produk online, Keep Positive Thinking !!

Selalu bersikap dan berpikiran positif merupakan sebuah wujud dari pola pikir yang jernih dan punya komitmen tinggi. Berkata dan bersikap negatif akan mengakibatkan pikiran yang negatif juga. Misalnya saja sebelum anda memasarkan produk, anda merasa memiliki saingan yang banyak dan lebih terkenal dalam Marketing system, lantas anda yakin akan tersingkir sebelum memulai ataupun saat memulai.

Tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi pada bisnis anda di masa depan. Semua ditentukan oleh usaha, kerja keras dan doa anda. Jangan menghabiskan waktu hanya memikirkan cara untuk mengalahkan saingan dalam berbisnis online yang memberi ancaman besar terhadap usaha anda tersebut. Mulailah berpikir dan bersikap positif, fokus pada bisnis online anda dan bersainglah dengan sehat.

5. Jangan takut mengambil risiko

Ingat satu hal, orang yang sukses adalah orang yang berani untuk gagal. Risiko akan selalu hadir dalam setiap persimpangan keputusan dan ketetapan yang diambil, baik keputusan kecil maupun besar. Jangan pernah terlintas dalam pikiran anda tentang ketakutan akan sebuah risiko yang mungkin diperoleh, tapi cobalah untuk mengambil risiko yang akan datang walau itu sangat besar dan berat.

Disaat anda takut dan hanya berdiam diri, anda tidak akan pernah maju. Kesuksesan hanya akan didapatkan oleh orang-orang yang mau mencari jalan keluar dari masalahnya dan keluar dari zona nyaman.

Pesan Admin :

Menjadi pemimpin bukanlah hal yang mudah, tidak seperti membalikkan kedua telapak tangan.

Tapi bukan berarti anda tidak bisa menyandang profesi tersebut. Apakah anda yakin kalau anda akan jadi pemimpin ? apakah anda yakin kalau anda akan bisa memutar roda kepemimpinan dalam sebuah perusahaan online atau instansi ? Anda tidak takut dengan risiko besar yang mungkin terjadi ? Apakah anda tidak takut jika suatu saat nanti bisnis online anda gagal total dengan modal yang sudah begitu banyak dikeluarkan ?

Ya. Memang benar. Pertanyaan-pertanyaan yang akan membuat anda berpikir dua kali ketika ingin memulai bisnis.

Sekarang semuanya kembalikan pada diri anda lagi, ajukan pertanyaan tersebut ke relung hati terdalam anda. Gelar seorang pebisnis tidak ditentukan oleh takdir, melainkan usaha dan kerja keras yang kita lakukan. Kita memang tidak akan tahu akan jadi siapa kita nantinya, Apakah jadi seorang gubernur, penjual batu akik, tukang sedot WC, jasa bikin sumur bor  atau seorang pebisnis sukses.

Semoga artikel yang saya tulis diatas bisa bermanfaat dan menambah wawasan anda seputar dunia Bisnis dan saya berharap tentunya semoga juga bisa memberi suntikan inspirasi serta motivasi bagi anda yang ingin memulai atau sedang menjalankan bisnis online shop.

Terima kasih, Selamat berbisnis online !!
Sumber Gambar : http://pinjamuangcair.com
Bagikan :  

119 comments:

  1. kalau urusan gagal sih saya sering mas dalam bisnis online, dulu suka ngegame facebook untuk nyari pendapatan, tapi sering begadang, saya coba belajar ngeblog, dan persis sudah 1 thun saya menekuni, dan ada hasilnya, kuncinya sukes yang memegang hanya kita ya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. gagal jadi langganan bisnis saya juga mas :D

      Delete
    2. yah gagal itu mungkin suatu yang perlu dilalui, tapi jangan ditakuti...karena dari sana kita akan mendapat pelajaran untuk meraih sukses kedepannya....iya gak kang admin?

      Delete
    3. Betul Mbah Dinan.
      kalau saya lihat, memang faktor ini lah yang paling banyak mengakibatkan para pebisnis jadi gulung tikar.

      semua pebisnis online yang sukses, saya rasa mayoritas pernah ya Mbah mengalami kegagalan, hanya saja mereka bisa menyigapi dan menuntaskannya dengan pemahaman yang benar dan selalu berpikir positif atau suatu kegagalan yang melanda.

      Delete
    4. saya kali ini juga gagal pertamax

      Delete
    5. dimana-mana ada kang yanto....

      Delete
    6. soalnya saya juga awalnya meluncur dari blognya kang yanto hingga sampe di sini kang

      Delete
    7. kang Yanto emang sesuatu banget yaa..

      Delete
    8. kalau menurut saya malah sesuatu banget itu kang yanto...

      Delete
    9. kayaknya mas yanto emang fans ama syahroni ya

      Delete
    10. eh koq malah pada ngerumpi loya

      Delete
  2. seingat saya sukes semua ada para pelaku yang ingin sukses, seberapa niat diat, seberapa dia mau mencoba, seberapa jauh di bangkit dari kegagalan, sebarapa mampu dia bisa menghasilkan, nah itu yang harus kita ingat deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju mas...artinya menjadikan semua hal yang berhubungan dengan bisnisnya menjadi pelajaran dan keluar sebagai pemenang dalam kesuksesan...

      Delete
    2. Saya setuju Mas Purnama,
      itu berarti menanamkan pola pikir yang positif dalam berbisnis, hal tersebut memang sangat dianjurkan untuk selalu dipupuk supaya tetap bertahan.

      karena tak semua yang ikut serta dalam sebuah bisnis bersifat menguntungkan bagi pebisnis nya.

      Delete
    3. trus saya mesti ngomong apa coba?

      Delete
    4. pengen jadi pebisnis online kang :D

      Delete
    5. silahkan daftar di rumah mas Yanto

      Delete
    6. iya...kalau si setrap yanto cungkup...sapa tau aja bisnisnya berhasil...karena kang yanto kan keramat. heeee

      Delete
    7. itu dia, apalagi rumahnya deket kuburan ( cungkup )

      Delete
    8. sekarang yg giliran kena setrap sapa hayu

      Delete
  3. saya suka dengan pelajaran "jangan takut mengambil resiko"
    kalau anda takut, maka anda tidak akan tau seperti apa yang akan terjadi dan tidak dapat mengambil pelajaran apa-apa dari semua perjalanan...sama halnya dengan
    "Disaat anda takut dan hanya berdiam diri, anda tidak akan pernah maju. Kesuksesan hanya akan didapatkan oleh orang-orang yang mau mencari jalan keluar dari masalahnya dan keluar dari zona nyaman".

    sederhana kan mas? tapi banyak orang yang enggak kalau udah memikirkan resiko. dan kalau hanya resiko terus yang dipikir, bisnisnya gak akan jalan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu dia mas, poin sekali !!

      dari pernyataan Mbah Dinan diatas bisa ditarik kesimpulan bahwa dalam dunia bisnis tidak akan lepas dari yang namanya risiko. Suka dan duka pasti selalu menyertai, tinggal bagaimana kita memahami dan menanggapi setiap persoalan yang muncul.

      Untuk menghadapi persoalan tersebut, sangat dibutuhkan sikap yang positif dan pemikiran yang tenang.

      Delete
    2. saya malah sering males mikir

      Delete
    3. mungkin karena kebanyakan ngopi kang, jadi males mikir xixixi (ngumpet)

      Delete
    4. emang mas yanto masih hobi ngopi sambil plototin ?

      Delete
    5. wakakaka kalau mas yanto itu mah hobinya dari dulu suka ngopi tapi gak pernah di minum, sayang juga kan kopinya :)

      Delete
    6. Berarti mas yanto playboy dulu nya ya...

      Delete
    7. ih pantesan kupingku panas ternyata sedang diomongin disini toh
      hadeuh

      Delete
    8. resiko udah pasti ada, tapi bagi pebisnis resiko adalah alur perjalanan yang musti di hadapi...dan dari situ dia belajar untuk sukses kang

      Delete
    9. betul mas, saya setuju, mas yanto setuju nggak ya ?

      Delete
  4. Sulit bagi saya mengenal dunia bisnis, karena saya bukan jurusan EKONOMI.
    Tapi blog ini mempunyai solusi yang tepat agar saya memahami sedikit demi sedikit untuk memahami bisnis, yang tentunya agar dapat melakukan bisnis.

    ReplyDelete
  5. Saya pernah sekali gagal mas sekarang keinginan itu masih saya simpan kapok sih nggak tapi kedepannya harus lebih terencana dengan baik sebelum memutuskan untuk berbisnis online

    ReplyDelete
  6. belajar dari kesalahan mungkin itu akan lebih baik kedepannya

    ReplyDelete
  7. kritikan juga merupakan hal yang penting untuk menuai sebuah kesuksesan dalam bisnis online ya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah kalau mau disetrap ketempat saya saja :D

      Delete
    2. Betul mas Ojik, kalo mas yanto maunya dibayar melulu, matre

      Delete
    3. kalau gak bener berarti salah ya mas ojik,wakakaka kok di bolak balik aja nih ceritanya

      Delete
    4. mungkin aja sekarang mas Ojik udah mundur jalannya.

      Delete
  8. kalo bagi saya gak ada kata kegagalan , yang ada hanya pelajaran . kalo kita mau bersikap seperti itu kayanya bisa sukses dalam waktu dekat , bukan begitu gan ? hehehe ,,,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia mas, selalu dipertahankan komitmen nya.

      Delete
    2. iya betul mas , komitmen dan tujua harus dujadikan prioritas utama

      Delete
    3. siip., selamat berusaha..
      go to transfrom your life :)

      Delete
  9. Selalu berpikir positif adalah kebiasaan yang sangat penting penting dalam berbisnis, hal ini karena dengan berpikir positif dapat mempengaruhi aura disekitar kita menjadi positif. Albert Einstein merupakan salah satu ilmuan yang menerapkan cara ini, hasilnya dia bukan hanya mencapai kesuksesan saja, bahkan namanya tenar hingga sekarang. Itu yang pernah saya baca dan terapkan juga. Toh tidak ada salahnya untuk selalu berpikir positif kan? hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia mas, yang beruntung juga kita sendiri. terima kasih mas.

      Delete
  10. nah memang sebagian besar orang yg sukses itu sebelumnya pernah gagal yamas.
    dan menjadikan kegagalan itu sebagai penyemangat untuk bangkit lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. tepat sekali Kang, orang yg ingin sukses dlm bekerja atau apapun namanya pasti mengalami yg namanya kegagalan, tinggal bagaimana kita menyikapi kegagalan tsb :)

      Delete
    2. ia mas yanto, bangkit sambil angkat gelas kopi.

      mas yanto ama mas eka kembar tapi beda ya ?

      Delete
  11. Sebetulnya tidak ada yang sulit dan tidak ada yang mudah dalam melaksanakan Bisnis Online tsb Mas, semuanya tergantung dari Niat pertama kita ingin melaksanakan Bisnis Online tsb. Kalo kita sudah menyukai suatu Bisnis, sesulit apapun akan menjadi mudah, karena pasti sudah tau dan mempelajari sebab dan akibatnya dari bisnis yg mau kita jalani.

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju mas, keren argumentasi nya, bisa jadi poin tambahan nih di dalam artikel diatas.. hehehe

      Delete
    2. point banget komen sahata saya satu ini....kalau dipikir bisnis online juga harus di dukung dengan hobi agar lebih termotifasi dalam mencari suatu yang lebih dalam bisnis online dan suatu yang mendukung usaha itu sendiri.

      Delete
    3. ya, sesuatu itu akan lebih baik jika memang merupakan sebuah hobi.
      karena kita akan suka dan selalu betah.

      Delete
    4. saya hobby banget koar2 dikolom komentar ini

      Delete
    5. untung saya nggak minta bayaran

      Delete
  12. Makasih atas artikel nya. berkat membaca ini saya termotivasi.

    ReplyDelete
  13. Bisnis online hanya perlu kesabar mas dan harus berjuang dan berusaha agar bisnis tersebut dapat terus ada dan yang terpenting kepercayaan dari pelanggan karena tanpa ada nya rasa percaya itu maka semua usaha akan sia-sia dan jangan menyerah jika suatu saat kita terjatuh berusahalah untuk bangkit karena jika berhenti sama semuanya juga akan sia-sia sehingga apa yang kita bangun hanya akan menjadi debu .
    salam kenal mas pertama kali saya berkomentar disini semoga makin akrab nantinya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarnya kesabaran aja gak cukup juga kalau menurut saya gan. semua ada langkahnya, termasuk membaca pasar dan karakter penjualan itu sendiri. jadi antar faktor internal dan eksternal itu harus berjalan seimbang agar gampang mengontrolnya dan menuju sukses dalam usaha gan.

      Delete
    2. yah, saya sependapat dengan Mbah Dinan, begitu juga mas Zekonila. kesabaran dan ketabahan, kepercayaan pelanggan memang sangat penting, tapi melihat kondisi pasar dan konsumen juga tidak boleh dilupa, hal tersebut akan berpengaruh besar terhadap profit yang akan didapat.

      Salam kenal kembali.

      Delete
  14. saya gagal terus jadi pebisnis online, semoga masih semangat

    ReplyDelete
    Replies
    1. gagal tidak menutup pintu kesuksesan mas, malahan membantu membukanya lebih lebar lagi.

      Delete
  15. Susah susah gampang bisnis online itu

    ReplyDelete
  16. jeng jeng jeng...templatenya ganti oe...
    kapan makan2nya nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha,, iya nih mas..
      biar lebih minimalis aja, putih bersih mulus bening berkilau dan clink....
      soalnya blog ini 1 niche, jadi nggak perlu banyak gaya dan bacok.. wkwkwk :D

      Delete
  17. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tanpa ditautkan link, saya juga akan mengunjungi blog sahabat kok.

      terima kasih atas kunjungannya.

      Delete
    2. saya bisa belajar nih dari komentar akang ini. kenapa bisa di hapus.

      Delete
    3. hehehe, saya kan suka bw, jadi nggek perlu tautin link, iya toh mas..

      Delete
  18. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  19. ini yang sekarang sedang jadi trend bagi sebagian orang yang tau potensi pasar dan potensi penghasilan yang bisa diraup dari internet.
    pasar yang begitu besar merupakan potensi yang bisa kita lirik untuk menekuni bisnis online.
    tapi sayang,masih banyak pelaku bisnis online yang menurut saya belum profesional.
    mereka gencar mempromosikan produk yang di jualnya,tapi terkadang tidak tau kelebihan dan kekurangan dari produk tersebut.
    trus masih banyak juga pelaku bisnis online yang tidak jujur,semoga ini bisa jadi renungan buat kita semua...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sangat patut untuk direnungkan mas,,
      kita jangan melupakan prinsip nya Bapak Manajemen dunia, George R. Terry yang mengungkapkan " The first is the quality of the product, and the second is the quality of self. "
      sangat disayangkan ya mas, kutipan diatas tidak begitu diacuhkan...

      Delete
  20. Motipasi bagi sayah artikel ini. berarti harus tetepa maju nih. terimakasih kang motivasinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama mas...... !!! saya manggil apa ya ?
      kayaknya baru pertama dimari ya ?

      Delete
  21. bagus ini kebiasaannya gan, bs dicontoh untuk para pebisinis pemula seperti kita2 ya gan

    ReplyDelete
  22. yang berat itu adalah ketika di kritik langsung lemes.padahal kritik itu adalah untuk kebaikan ya.
    saya harus banyak belajar

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas, semoga bisa jadi pelajaran artikel diatas untuk semua.

      Delete
  23. bisnis online itu susah susah mudah selain butuh kesabaran ,ketekunan kita juga harus bersikap jujur untuk mendapatkan kepercayaan dari pelanggan

    ReplyDelete
  24. bisnis online walau terkadang tidak bisa di tebak penghasilan nya kalo di tekuni pasti akan menghasilkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiiiiinn, yang penting kesabaran dan sungguh-sungguh.

      Delete
  25. benar sekali, salah satu kunci sukses seseorang dalam hal apapun termasuk bisnis online adalah mempelajar segala kegagalan yang pernah dihadapi dan mengadaptasikan diri dengan sekitar atau mengerti keadaan pasar dan konsumen.. tetap semangat.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sip, betul mbak, setuju dan terima kasih.

      Delete
  26. Yups, kebiasaan diatas betul itu.. Awal mulai bisnis online sangat berat namun setelah 1 tahun dgn kebiasaaan2 diatas plus kreatif, hasilnya ...hemmm, alhamdulliah mas bisa memenuhi kebutuhan keluarga. Dulu awalnya cari uang lwt ngeblog namun setelah belajar bisnis online fokus hny lwt fb, bbm, wa, kini mlh sibuk situ bahkan ngeblognya jd terbengkalai. Btw, senang bisa mampir diblog ini. Salam blogger

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, mengispirasi sekali ceritanya mas, terima kasih dan semoga betah disini.

      Delete
    2. Sama-sama mas. Senang bisa menjadi sahabat blogger anda

      Delete
  27. yu semangat buat para pembisnis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anda bisa melakukannya, soalnya anda punya produck yg dijual. sy nggak

      Delete
  28. Baik bisnis offline maupun online modal dasar utamanya: kreatif/inovatif, tekun dan menjalani kegiatan secara konsisten. Semua butuh waktu dan proses untuk bisa sampai pada kata 'sukses'.

    ReplyDelete
  29. Saya dikampung, mau bisis online kira-kira yang mau dijual apa yah

    ReplyDelete

►Silahkan perluas artikel diatas ke teman-teman anda,
►Disini anda juga bisa menyampaikan kritik, saran, keluhan maupun pujian terhadap artikel diatas,
►Diperbolehkan meng-copy artikel ini sampai batas kewajaran, dengan Ketentuan mencantumkan sumber referensi dari blog Hakikat Bisnis.

Terima kasih
Ttd; Admin Blog

☺ Silahkan Berkomentar ☺