Mengenal permasalahan Etika dalam berbisnis

Mengenal permasalahan Etika dalam berbisnis - Etika Merupakan ilmu yang mendalami standar moral individu dan standar moral masyarakat sosial dalam kehidupan sehari-hari.
Hal ini mempertanyakan bagaimana standar-standar diaplikasikan dalam kehidupan kita, dan apakah standar tersebut masuk akal atau tidak.
Dalam arti kata lain, didukung dengan penalaran yang rasional atau tidak ( jelek ).

Mengenal permasalahan Etika dalam berbisnis

Pengertian Etika Bisnis

Etika Bisnis merupakan studi yang dikhususkan mengenai moral yang benar dan salah.
Ilmu ini berpusat pada standar moral sebagaimana yang diterapkan pada kebijakan, institusi dan perilaku bisnis.

Etika Bisnis merupakan studi standar formal dan sebagaimana standar tersebut diterapkan didalam sistem juga organisasi yang digunakan masyarakat modern dalam memproduksi dan mendistribusikan barang atau jasa, dan ditetapkan pada orang-orang yang berada dalam lingkungan organisasi tersebut.

Seperti apa permasalahan Etika Bisnis dalam Organisasi Perusahaan ?

Ada dua pandangan yang mundul dalam masalah ini,

Yang pertama adalah pandangan yang berpendapat bahwa, karena aturan yang mengikat. Organisasi tidak melarang kita untuk mengungkapkan bahwa organisasi bertindak seperti individu dan memiliki tujuan yang disengaja atas apa yang mereka lakukan.

Kita juga dapat mengatakan bahwa mereka bertanggung jawab secara moral untuk tindakan mereka, dan bahwa tindakan mereka adalah bermoral atau tidak dalam definisi yang sama, yang dilakukan oleh manusia.

Yang kedua  adalah pandangan filsuf yang berpendirian tidak masuk akal jika berpikir kalau organisasi bisnis secara moral bertanggung jawab karena ia gagal dalam mengikuti standar moral, atau mengatakan bahwa organisasi memiliki kewajiban moral.

Organisasi bisnis bisa diibaratkan selayaknya sebuah mesin, dimana para anggotanya diwajibkan untuk mentaati seluruh peraturan formal yang sebenarnya tidak punya kaitan sama sekali dengan moralitas.

Akibatnya, akan lebih tidak masuk akal lagi jika menganggap kalau organisasi bertanggung jawab secara moral karena ia gagal dalam mengikuti standar moral daripada mengkritik organisasi seperti mesin yang gagal bertindak secara moral.

Oleh karena itu, tindakan perusahaan berasal dari pilihan dan tindakan individu manusia. Individu-individulah yang harus dipandang sebagai penjaga utama kewajiban moral dan tanggung jawab moral.

Individu manusia bertanggung jawab atas apa yang dilakukan perusahaan karena tindakan perusahaan secara keseluruhan mengalir dari pilihan dan perilaku mereka sendiri.
Jika perusahaan bertindak keliru, kekeliruan itu berarti disebabkan oleh pilihan tindakan yang dilakukan oleh individu didalam perusahaan itu. Dan jika perusahaan bertindak secara moral, hal itu juga disebabkan oleh pilihan individu dalam perusahaan yang bertindak secara bermoral.

Bagikan :  

1 comment:

  1. Etika bisnis itu sederhana, Jujur.
    Termasuk memberikan dan meninggalkan komentar dengan cara jujur.

    ReplyDelete

►Silahkan perluas artikel diatas ke teman-teman anda,
►Disini anda juga bisa menyampaikan kritik, saran, keluhan maupun pujian terhadap artikel diatas,
►Diperbolehkan meng-copy artikel ini sampai batas kewajaran, dengan Ketentuan mencantumkan sumber referensi dari blog Hakikat Bisnis.

Terima kasih
Ttd; Admin Blog

☺ Silahkan Berkomentar ☺