Cara menyusun rencana dan anggaran penjualan pada perusahaan

Cara menyusun rencana dan anggaran penjualan pada perusahaan - Menyusun rencana dan anggaran penjualan dalam sebuah perusahaan merupakan langkah pertama pada perencanaan penjualan.

Keberhasilan kegiatan penjualan sangat dipengaruhi oleh berhasilnya manajer dan rekan/anak buahnya dalam menyiapkan rencana dan anggaran penjualan tersebut.
 
Cara menyusun rencana dan anggaran penjualan pada perusahaan
Cara menyusun rencana dan anggaran penjualan pada perusahaan

Hal pertama yang harus diperhatikan oleh manajer penjualan dalam perusahaan adalah, rencana dan anggaran penjualan harus sesuai dengan rencana usaha perusahaan (Corporate Business Plan) dan Rencana Pemasaran (Corporate Marketing Plan).
 

Rencana dan anggaran penjualan yang tidak mengikuti dua poin diatas akan berjalan tidak mulus atau sulit untuk dilaksanakan. Mendapatkan persetujuan dari manajemen penjualan terkait rencana dan anggaran penjualan yang tidak mempedomani dua poin diatas akan sulit juga.

Berikut ini adalah cara menyusun rencana dan anggaran penjualan bagi perusahaan yang terdiri dari beberapa poin, yakni sebagai berikut.

1. Menganalisis perkembangan lingkungan bisnis ekstern perusahaan. Ini adalah langkah utama yang harus dilakukan sebelum memulai penjualan. Menyurvei bagaimana kondisi pasar, ekonomi pemakai hingga menjelajahi setiap sudut pasar untuk menemukan area potensial terhadap produk perusahaan yang akan kita tawarkan.

2. Menganalisis kekuatan dan kelemahan perusahaan. Selidiki terlebih dahulu seberapa kuat dan seberapa tertinggalnya perusahaan kita di mata saingan. Dari sini kita bisa mengetahui seperti apa produk kita nantinya di mata konsumen dan memperbaiki jika nyatanya kita mengalami kendala dalam usaha kegiatan pemasaran produk.

3. Menyusun tujuan penjualan jangka pendek dan menengah yang ingin dicapai perusahaan. Diskusikan apa goal dari kegiatan penjualan yang akan dilakukan ini dengan rekan dan manajemen penjualan perusahaan. Temukan kesimpulan agar kegiatan berjalan dengan lancar sesuai rencana.

4. Menyusun strategi yang diperlukan untuk menggapai tujuan tersebut. Yang dimaksut dengan strategi disini adalah segala sesuatu yang dilakukan dan telah direncanakan sebelum terjun ke pasar. Misalnya seperti menawarkan diskon yang menarik kepada para konsumen dan distributor, menyelenggarakan program pengiklanan yang efektif untuk menunjang keberhasilan penjualan produk lama dan baru serta menawarkan harga yang kompetitif pada pasar.

5. Menyusun anggaran penjualan. Yaitu rencana pengeluaran yang benar-benar diperlukan dalam rangka melaksanakan kegiatan penjualan guna mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

6. Memonitori atau mengawasi seberapa jauh tujuan penjualan yang direncanakan telah tercapai. Jumlah pengeluaran diusahakan se-efisien mungkin alias tidak jauh menyimpang dari anggaran yang direncanakan.
Itulah 6 poin utama dalam menyusun rencana dan anggaran penjualan pada sebuah perusahaan. Poin-poin diatas sebenarnya sudah bersifat umum dan tidak jarang juga kita dengar.
Bahkan jika ada pembaca yang bekerja pada divisi penjualan pada sebuah perusahaan, tentu saja dia sangat menguasai teori-teori diatas.




Catatan Kaki :
1. Aminar Sutra Dewi, SE., M.Si
(Dosen Manajemen Penjualan di Kampus Saya)
2. http://marketing-insider.eu (Sumber Gambar)
Bagikan :  

10 comments:

  1. kayaknya saya sangat setuju kalau point pertama dan ke empat lebih diperhatikan karena untuk lebih memantabkan analisa penjulan dan cara pen jualan yang lebih efektif, sehingga tidak terlalu banyak memakan biaya pemasaran gan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas, tapi poin kedua termasuk analisis lingkungan intern yang tidak boleh disepelekan juga,
      begitu juga yang lainnya, karena keseluruhan merupakan pola yang berantai dan terstruktur.

      Delete
  2. Keenam point tersebut memang sangat diperlukan yah untuk membangun sebuah bisinis

    ReplyDelete
  3. Ini sih pekerjaannya para manager perusahaan ya mas harus cermat

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas, terlebih lagi bagi manajer penjualan dan para sales nya...

      Delete
  4. kayaknya 6 point utama menyusun rencana dan anggaran penjualan diatas bisa buat refrensi nih mas, makasih ya.

    ReplyDelete
  5. Mantap, kalau di kampus saya, menyusun anggaran perusahaan ada mata kuliah sendirinya. memang penjelasan diatas sempat disampaikan oleh dosen saya waktu diawal. Tapi selanjutnya lebih detil dan cukup membuat kepala berputar tujuh keliling :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas, saya juga ada mata kuliahnya, artikel ini juga bereferensikan dari dosen mata kuliah tersebut, ada kok saya tuliskan di bawah artikel sebelah kanan..

      Delete

►Silahkan perluas artikel diatas ke teman-teman anda,
►Disini anda juga bisa menyampaikan kritik, saran, keluhan maupun pujian terhadap artikel diatas,
►Diperbolehkan meng-copy artikel ini sampai batas kewajaran, dengan Ketentuan mencantumkan sumber referensi dari blog Hakikat Bisnis.

Terima kasih
Ttd; Admin Blog

☺ Silahkan Berkomentar ☺